Skip to main content

Komponen utama pesawat terbang



Karakter utama sebuah pesawat terbang ditentukan oleh tujuan awal rancangannya.

Komponen utama pesawat terdiri atas fuselage(badan pesawat),wing(sayap),Landing gear(roda pendaratan),power plant(mesin beserta baling-balingnya),Rudder,Cockpit,flaps,dan lainnya.Berikut penjelasannya:

1Fuselage

     fuselage adalah badan atau kabin pesawat yang berisi kursi untuk penumpang dan ruang kargo,cockpit,beberapa komponen lainnya.Bagian utama fuselage juga termasuk titk sambungan sayap dan sebuah firewal.Pada pesawat bermesin tunggal, mesinnya biasanya disambungkan di depan fuselage. Ada pembatas tahan-api di antara bagian belakang mesin dengan kokpit atau kabin untuk melindungi penerbang dan penumpangnya dari api akibat kecelakaan. Pembatas inilah yang disebut dengan firewall dan biasanya dibuat dari material tahan panas seperti baja. Beberapa pesawat menggunakan struktur open truss. Fuselage dengan tipe open truss terbentuk dari tabung baja atau aluminium. Kekuatan dan kepadatan didapat dari pengelasan tabung-tabung secara bersama yang membentuk bangun segitiga yang disebut trusses.

2.Wing

        Wing adalah airfoil yang disambung di masing -masing sisi fuselage dan merupakan permukaan  yang mengangkat pesawat diudara.Wing termasuk komponen terpenting karena wing menghasilkan gaya angkat(lift) ketika bergerak terhadap aliran udara karena bentuknya yang airfoil.Selain sebagai penghasil gaya angkat, pada kebanyakan pesawat saat ini juga sebagai fuel tank (tempat bahan bakar) dan tempat bergantungnya engine.

3.Landing gear

         
        Landing Gear System (LGS) atau roda pendarat merupakan suatu bagian yang tidak dapat dipisahkan dari pesawat terbang. Pada saat pesawat akan mendarat, pilot memastikan roda telah turun dan terkunci sempurna (down and lock) melalui indikator berupa lampu di kokpit.

LGS punya peran yang sangat pen­ting, dan bahkan vital karena berfungsi menahan beban pesawat saat rolling take off dan touch down saat menyentuh landasan. Sepanjang penerbangan setelah lepas landas sampai menjelang pendaratan roda pesawat dimasukan di badan pesawat agar tidak menjadi penghambat laju pesawat (drag).Untuk menggerakan roda keluar dan masuk (entend and retract) bekerja dengan baik tidak hanya bersumber dari satu tenaga, tetapi 3 (tiga) atau lebih sumber tenaga yang berasal dari Mechanical Power, Electrical Power dan Hydraulic Power.

Hydraulic Power bersumber antara lain dari mesin pesawat yang bekerja sedemikian rupa untuk menggerakkan pompa dari Hydraulic Power. Retractable Landing Gear sekarang inibanyak digunakan pada pasawat terbang karena memiliki berbagai keuntungan, yaitu cost efficiency karena mengurangi jumlah bahan bakar yang terbang diban­dingkan dengan Fix Landing Gear.

4.Power plant 

         Power plant biasanya termasuk mesin dan baling-baling. Fungsi utama dari mesin adalah menyediakan tenaga untuk memutar baling-baling. Mesin juga menghasilkan tenaga listrik, sumber vakum untuk beberapa instrument pesawat, dan di sebagian besar pesawat bermesin tunggal, menyediakan pemanas untuk penerbang dan penumpangnya. Mesin ditutup oleh cowling atau di beberapan pesawat dikelilingi oleh nacelleMaksud dari cowling atau nacelle adalah untuk membuat streamline aliran udara mengalir di sekitar mesin dan membantu mendinginkan mesin dengan mengalirkan udara di sekitar silinder. Baling-baling, yang terpasang di depan mesin, mengubah putaran mesin menjadi gaya yang bergerak ke depan yang disebut thrust yang membantu menggerakkan pesawat melalui udara.Baling - baling pesawat merupakan gerakan yang mengkonversi putaran dari mesin piston atau turbobrop untuk memberikan kekuatan pendorong

5.Rudder

           Rudder adalah flight control pesawat yang berfungsi untuk mengarahkan pesawat kekiri ataupun kanan.Rudder dipasang pada bagian trailing edge dari bidang vertikal(vertikal stabilizer).apabila pedal rudder bagian kanan didorong kedepan ,maka bidanga rudder membuka ke sebelah kanan.Untuk jenis rudder pun bervariasai ada yang singel rudder,double rudder,multi rudder.

Tetapi jenis double rudder dan multi rudder biasa digunakan oleh pesawat lama.Namun sampai sekarang masih ada yang menggunakan,tetapi digunakan untuk jenis pesawat militer.Fungsi dari double rudder dan multi rudder adalah untuk mendapat sudut yawing yang besar.

6.Coockpit

      Coockpit  sebuah ruangan khusus yang biasanya terdapat di bagian depan pesawat yang dari dalamnya pilot bisa mengendalikan pesawat terbang. Kokpit terdiri dari Flight Instrument (Instrumen Penerbangan) dan Flight Control (Kontrol Penerbangan) yang memungkinkan pilot untuk mengendalikan pesawat.

7.Flaps

     Flaps) adalah sebuah permukaan yang berengsel pada tepi belakang sayap. Jika sirip sayap diturunkan maka kecepatan anjlog (stall speed) pesawat terbang akan menurun. Sirip sayap juga dapat ditemukan di tepi depan sayap pada beberapa pesawat terbang terutama pesawat jet berkecepatan tinggi. Sirip sayap ini disebut juga sebagai slat.
Sirip sayap mengurangi kecepatan anjlok dengan menambahkan kember sayap dan dengan demikian meningkatkankan koefisien gaya angkat maksimum. Beberapa sirip sayap juga menambah luas permukaan sayap.

Comments

Post a Comment